5 Keunggulan Menggunakan CNC Cutting Pada Kayu

Coba perhatikan furniture di sekitarmu? Setiap furniture memiliki pola yang unik sesuai dengan karateristik masing-masing. Ada yang bentuk bergelombang, ada yang bentuk lingkaran dan lain sebagainya. Beragam pola itu membuat furniture tampak lebih estetik. Ruangan pun makin keren.

Untuk mewujudkan hal tersebut, PT Wahana Lentera Raya menggunakan mesin CNC Cutting untuk menciptakan furniture berpola 3D yang bervariasi. CNC Cutting yaitu sebuah proses yang dikendalikan oleh perangkat lunak yang sudah tesistem pada komputer.

Mesin CNC Cutting menghasilkan produk dengan presisi tinggi. Selain itu, memiliki kecepatan tinggi sehingga cocok untuk memproduksi dalam jumlah banyak
Presisi Tinggi

Kata CNC memiliki kepanjangan Computer Numerical Control. Dalam pengerjaannya, mesin CNC Cutting menggunakan spindle atau mata router. Karena itu, mesin CNC Cutting juga seringkali disebut CNC Router. Ada banyak keuntungan yang diperoleh saat menggunakan mesin CNC Cutting, sebagai berikut.


1. Memiliki Kecepatan Dan Presisi Tinggi

Teknologi mesin CNC membawa perubahan besar dalam industri furniture. Mesin ini memiliki kecepatan tinggi. Sehingga memberi keuntungan mempersingkat waktu proses pembuatan sebuah produk. Pada mesin CNC Cutting kayu, kecepatannya mencapai kisaran 13.000 hingga 24.000 RPM.

Kecepatan yang dimiliki mesin CNC kayu ini sangat tepat digunakan untuk menghasilkan produk dalam jumlah besar. Seperti halnya yang dimiliki oleh PT Wahana Lentera Raya yang menggunakan mesin CNC Cutting berteknologi canggih dari Jerman. Meski sangat cepat, akurasi dan presisi yang dihasilkan tidak perlu diragukan. Pola yang dihasilkan pada kayu sangat detail sesuai dengan kebutuhan konsumen. Mesin CNC Cutting juga mampu menjamin kualitas produk yang konsisten.

Namun namanya juga mesin, kesempurnaan hasil produk pastinya harus diimbangi dengan tenaga ahli sebagai pengoperasinya. Juga bahan yang digunakan. Namun, masyarakat tidak perlu khawatir lagi. Sebab, PT Wahana Lentera Raya menjamin konsumen akan mendapatkan kualitas produk yang terbaik.


2. Dapat Menciptakan Pola Yang Kompleks

Ada banyak jenis mata router yang digunakan pada mesin CNC Cutting. Satu jenis mata router dengan jenis lainnya memiliki keistimewaan masing-masing. Hal tersebut dapat disesuaikan dengan kebutuhan, baik untuk memotong maupun menggrafir.

Beberapa jenis mata router yang digunakan antara lain mata router twist bits, masonry bits, dan spur bits. Selain itu, ada juga jenis countersink bits, metal, dan hole saw bits. Dengan begitu, mesin CNC ini dapat menghasilkan pola yang bervariasi dan kompleks. Motor penggerak yang digunakan pada mesin ini menggunakan 3 sumbu axis, yaitu X,Y, Z. Sebab itu, dapat menciptakan pola 2 dimensi hingga 3 dimensi. Produk furniture yang dihasilkan pun makin bernilai tinggi. Sangat memanjakan keinginan konsumen. Beberapa jenis pola yang dihasilkan dari mesin CNC Cutting adalah sebagai berikut.

Penggunaan mesin CNC Cutting dapat menciptakan pola 2 hingga 3 dimensi yang unik. Hasilnya sangat detail dan presisi tinggi.
Bentuk Yang Detail

Mesin CNC Cutting dapat memvisualisasikan gambar pada program secara realistik.
Custom Design Sesuai Kebutuhan

3. Terintergrasi Dengan CAD/CAM/CAE

CAD (Computer Aided Design) adalah suatu program komputer untuk menggambar suatu produk atau bagian dari suatu produk. Kini perangkat CAD semakin berkembang pesat. Perangkat ini sudah terintergrasi dengan CAE (Computer Aided Engineering) dan CAM (Computer Aided Manufacturing). Integrasi 3 perangkat lunak ini menyempurnakan hasil visual secara realistik. Proses kerjanya dimulai dari mendesain model CAD. Setelah itu, mengkonversi file CAD ke program CNC sesuai dengan produk yang akan dibuat.

Mesin CNC Cutting terhubung dengan perangkat lunak CAD, CAE, dan CAM. Hal ini menyempurnakan hasil yang diperoleh
Integrasi Perangkat Lunak Yang Sempurna

Program yang dikenal sebagai G-Code tersebut, selanjutnya dikirim dan dieksekusi oleh prosesor pada mesin CNC Cutting untuk menggerakkan perkakas. Gerakan itu melakukan proses permesinan hingga menghasikan produk sesuai dengan program yang telah diatur. Semua proses ini berlangsung sangat cepat.


4. Dapat Digunakan Pada Beragam Jenis Bahan

Keunggulan lain dari mesin CNC Cutting adalah dapat digunakan pada berbagai jenis bahan. Selain kayu, CNC Cutting juga dapat digunakan untuk bahan aluminium, baja, kaca, dan plastik.

Selanjutnya, hampir semua jenis kayu furniture dapat diproses dengan mesin CNC Cutting. Bahan-bahan kayu yang dimaksud seperti MDF dan PVC. Dua jenis bahan yang seringkali digunakan pada produk furniture PT Wahana Lentera Raya.

Menggunakan jenis bahan apapun, produk yang dihasilkan dengan proses CNC Cutting memiliki presisi tinggi. Anda sebagai konsumen dapat lebih mudah menyesuaikan dengan budget. Selain furniture, mesin CNC Cutting seringkali digunakan untuk memproduksi wall panel dalam bentuk 2D maupun 3D dan sekat ruangan.


5. Perawatan Yang Mudah

Pengoperasian dan perawatan yang tepat adalah kolaborasi yang pas untuk memperpanjang umur mesin. Juga berfungsi mengurangi insiden gagal. Produk yang dihasilkan dengan menggunakan mesin CNC Cutting, memiliki kualitas yang baik. Dengan begitu, produk dapat dikatakan lebih awet.

Untuk menghasilkan produk berkualitas baik, maka diperlukan perawatan mesin CNC Cutting. Perawatan dianggap penting karena pastinya memberikan pengaruh terhadap kualitas produk yang dihasilkan. Kalau ada sedikit eror saja pada mesin, maka level kualitas produk pun ikut menurun.

Jadi, diperlukan perawatan mesin CNC Cutting rutin. Ini sebagai antipasti agar mesin tidak cepat rusak. Perawatan yang dimaksud adalah hindari sinar matahari langsung, debu, dan kelembaban yang berlebihan. Selain itu, jauhkan dari peralatan dengan getaran tinggi.


Informasi diatas diharapkan dapat membantu Anda dalam menemukan produk furniture yang ideal. PT Wahana Lentera Raya menyediakan pelayanan untuk custom design dan finishing furniture yang siap melayani kebutuhan Anda.


IMPROVING LIFE!