Keunggulan Furniture Kayu Laminasi Serta Trik Merawatnya

Seiring harga kayu solid yang mahal, muncul berbagai macam alternatif. Metode kayu laminasi menjadi cara praktis dan hemat yang banyak dipilih saat ini. Yaitu proses pelapisan lembaran kayu dengan metode khusus. Pelapisan permukaan kayu ini dilakukan dengan lem khusus serta melalui panas dan tekanan tinggi, sehingga menghasilkan lapisan yang kuat dan tahan lama.

Tampilan kayu laminasi mirip dengan kayu solid. Bahkan sekilas tidak ada perbedaan khusus. Namun, kayu laminasi memiliki ketahanan yang lebih kuat dibandingkan kayu solid. Hal ini dikarenakan kayu laminasi terdiri dari beberapa lapisan. Kayu laminasi ini selanjutnya diolah menjadi berbagai macam produk furniture.

Furniture kayu laminasi menarik banyak perhatian masyarakat. Perkembangan teknologi membuat prosesnya semakin mudah dan menghasilkan produk berkualitas tinggi
Proses Kayu Laminasi Dengan Mesin Canggih

Furniture berbahan kayu laminasi menawarkan berbagai macam keuntungan, yang tidak mampu diberikan oleh bahan kayu solid. Salah satunya adalah harga furniture kayu laminasi lebih terjangkau dibandingkan dengan kayu solid.

Ketersediaan kayu solid tidak sebanyak kayu laminasi. Hanya beberapa daerah tertentu saja di Indonesia yang mampu menghasilkan produk kayu solid berkualitas bagus. Biaya pengiriman yang mahal dan memakan waktu lama dalam distribusinya ini membuat harga kayu solid lebih mahal.

Tidak hanya itu saja, kayu laminasi memiliki berbagai macam warna dan motif yang menyerupai serat-serat kayu asli. Tak heran apabila furniture dari kayu laminasi menjadi idola di masyarakat.

Keuntungan lainnya adalah furniture dengan kayu laminasi lebih ringan jika dibandingkan kayu solid.

Tentunya hal tersebut memudahkan masyarakat sebagai penggunanya. Dekorasi ruangan pun jadi lebih mudah. Anda dapat memindahkan furniture dari satu titik ke titik lainnya dalam ruangan sesuai dengan selera. Jadi Anda tidak cepat bosan dengan suasana di rumah.

Selain itu, kayu laminasi mampu menutupi kekurangan atau cacat yang dimiliki oleh kayu asli. Jadi lapisan yang terbentuk lebih estetik. Tepat bagi Anda yang menyukai tampilan minimalis dan modern.

Keawetan furniture kayu laminasi juga tak perlu diragukan. Pelapisan kayu memang sudah ada sejak lama, namun teknologi terus berkembang dalam prosesnya. Ini mampu menciptakan kualitas produk semakin baik. Seperti yang dilakukan oleh PT Wahana Lentera Raya yang menggunakan mesin canggih dari Jerman dalam proses laminasi kayu.

Keunggulan furniture kayu laminasi adalah memiliki berat ringan dibandingkan bahan kayu solid. Sehingga harga lebih terjangkau dan mudah didekorasi.
Bobot Kayu Laminasi Yang Ringan

Dengan mesin ini, proses laminasi kayu dapat berlangsung lebih cepat. Juga efisien. Hasilnya pun tak perlu diragukan, yaitu lebih presisi dan berkualitas. Laminasi kayu menawarkan tahan goresan, tahan panas, dan tidak cepat memudar.

Tepat bagi Anda yang anti ribet. Furniture dengan kayu laminasi lebih cocok diletakkan di sudut ruang apa saja. Ruang tamu, oke. Digunakan sebagai furniture di kamar tidur, juga cocok. Ingin diletakkan di dapur, tetap bisa.

Walau banyak memiliki keunggulan, kayu laminasi tetaplah sebuah material yang membutuhkan perawatan. Hal ini bertujuan untuk mempertahankan estetika produk tersebut. Semakin bagus perawatannya, semakin lama pula usia furniture tersebut. Anda dapat mengikuti beberapa trik merawat furniture kayu laminasi, berikut ini.

1. Jauhkan Dari Benda Tajam

Meskipun kayu laminasi lebih kuat, namun masih dapat tergores oleh benda tajam. Jadi berhati-hatilah untuk menggunakan benda tajam saat pembersihan. Gunakan bahan yang lembut, seperti sponge dan kain microfiber untuk menghilangkan debu maupun kotoran yang menempel.


2. Hindari Sinar Matahari Langsung

Jauhkan furniture kayu laminasi dari jangkauan sinar matahari secara langsung. Hal ini mencegah perubahan warna. Anda dapat meletakkan furniture kayu laminasi di tempat dengan kelemban cukup.


3. Hati-hati Menggunakan Larutan Pembersih

Saat menggunakan larutan pembersih ringan, sebaiknya Anda tidak langsung mengoleskan larutan ke permukaan furniture. Ini dapat menodai furniture. Semprotkan larutan pembersih tersebut ke kain atau alat pembersih yang Anda gunakan.


4. Meminimalisir Goresan

Dengan menggunakan taplak. Selain sebagai pemanis, keberadaan taplak dapat berfungsi sebagai pencegahan gesekan benda yang diletakkan di atas furniture.


Itulah keunggulan dari furniture kayu laminasi. Anda juga dapat merawatnya dengan baik dengan trik di atas. Dengan begitu, usia furniture Anda semakin lama. Selanjutnya, PT Wahana Lentera Raya menyediakan service finishing furniture yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan customer.


IMPROVING LIFE!