Proses Efisien Dan Cepat Dengan Mesin Wide Wrapping

Wrapping adalah membungkus permukaan kayu dengan material paper sheet maupun PVC (Polyvinyl Chloride). Sebenarnya wrapping dapat dilakukan secara manual dengan tangan manusia. Namun, kini teknologi makin berkembang pesat. Dengan adanya mesin wrapping, proses pelapisan pada permukaan kayu pun jauh lebih mudah. Material utama kayu sering digunakan adalah solid wood dan MDF. Tentu hasilnya juga lebih rapi dan estetik. Peluang kesalahan dapat dikurangi. Prosesnya pun lebih efisien.


Proses Produksi Lebih Efisien

PT Wahana Lentera Raya menggunakan mesin wrapping untuk meningkatkan kualitas produk furniture yang dihasilkan. Bahkan, kami juga memiliki mesin wide wrapping. Mesin teknologi asal Jerman ini mampu membungkus permukaan kayu hingga lebar 900 milimeter dan panjang 2.4 meter.

masyarakat dapat memesan wide wrapping pada furniture di PT Wahana Lentera Raya dengan kualitas bagus
Proses Wide Wrapping

Mari kita bandingkan dengan mesin wrapping pada umumnya. Mesin wrapping biasa mampu membungkus permukaan bidang dengan ukuran lebar 10-150 milimeter. Jadi mesin wide wrapping dapat membungkus permukaan kayu hingga 6x lebih luas daripada mesin wide biasa.

Kecanggihan mesin wide wrapping tersebut tentunya sangat membantu proses wrapping menjadi lebih mudah. Tambah cepat, juga iya. Dibutuhkan waktu 17 meter/menit untuk wrapping dengan menggunakan paper sheet. Sedangkan, untuk bahan pembungkus PVC, waktu prosesnya lebih cepat, yaitu 6-10 meter/menit. Meski demikian, kualitas hasil wrapping tidak perlu diragukan.

Karena proses lebih hemat waktu dan efisien, maka tenaga manusia yang dibutuhkan juga lebih sedikit. Misalnya, jika dengan mesin wrapping biasa, dibutuhkan sekitar 6-8 orang yang membantu dalam prosesnya.

wide wrapping memberikan keunggulan yaitu dapat membungkus hingga ke sisi radius pada furniture. Sehingga kualitas furniture tampak lebih baik
Membungkus Hingga Sisi Radius

Namun, dengan menggunakan wide wrapping, hanya butuh setengahnya saja, yaitu 4 orang. Hal ini tentunya menghemat biaya produksi. Dibandingkan dengan permukaan bidang yang sama, mesin wide wrapping dapat menghasilkan produk dengan harga yang lebih murah.

Tidak hanya mampu membungkus pada bidang yang luas, mesin wide wrapping yang dimiliki oleh PT Wahana Lentera Raya mampu membungkus hingga sisi R (Radius). Sehingga tercipta lapisan lengkungan sisi kanan-kiri permukaan kayu yang jauh lebih halus.


Produk Hasil Wide Wrapping

Mesin wide wrapping digunakan dalam proses produksi furniture di PT Wahana Lentera Raya. Salah satunya adalah produk meja kerja Galant MTO 163, seperti di bawah ini.

Salah satu contoh produk yang melalui proses wide wrapping adalah meja kerja galant MTO 163
Produk Dengan Proses Wide Wrapping

Material wrapping yang digunakan pada produk Galant MTO 163 adalah PVC dengan motif serat kayu berwarna cokelat. Ada banyak motif material lapisan PVC maupun paper sheet yang dapat dipesan sesuai dengan selera dan kebutuhan. PT Wahana Lentera Raya menyediakan pelayanan custom design untuk memanjakan keinginan customer.

Jika diperhatikan seksama pada produk Galant MTO 163, terbentuk permukaan yang rapi. Terutama pada lengkungan R sisi kanan-kiri. Ini berkat penggunaan teknologi dari mesin wide wrapping. Pembungkusan dengan PVC dari permukaan atas lalu ke bagian kanan-kiri dan sedikit mengarah ke bagian bawah.

Proses wide wrapping di PT Wahana Lentera Raya dikerjakan melalui mesin canggih dan tenaga ahli yang berkompeten
Bahan Berkualitas Dan Mesin Canggih

Tersedia lem khusus yang digunakan untuk merekatkan lapisan itu sehingga dapat merekat sempurna dan tahan lama. Jenis lem disesuaikan dengan bahan pembungkus yang digunakan, baik PVC maupun paper sheet. Ketebalan lem yang digunakan mencapai 37 gram/m3.

Lapisan overlap pada bagian bawah permukaan kayu mencapai 3-6mm, selanjutnya dilaminasi dengan material dan motif serupa. Karena itulah, hampir tidak ada perbedaan yang menonjol. Bahkan, terlihat seperti membungkus 360 derajat penuh dari permukaan atas kayu menuju ke permukaan bawah.

Kemampuan membungkus hingga lapisan R ini membuat proses selanjutnya, yaitu laminasi, akan jauh lebih mudah. Lapisan overlap yang dihasilkan dapat digabungkan dengan gampang untuk proses laminasi.

Selain itu menciptakan tampilan lebih estetik, kerapian pembungkusan juga meningkatkan keamanan pada furniture. Peluang tergores atau luka yang dihasilkan karena permukaan furniture kurang halus pun dapat diminimalisir.


Banyak keuntungan yang diperoleh saat menggunakan mesin wide wrapping. Kualitas semakin bagus dan proses lebih efisien. Selanjutnya, PT Wahana Lentera Raya menyediakan service untuk custom design yang dapat disesuaikan dengan selera dan kebutuhan customer.


IMPROVING LIFE!